Blogroll

20 Oktober 2017

Ini Jadwal Tahapan Utama Pemilu Serentak (PILEG / PILPRES) 2019

Kayanya baru kemarin ya, gelaran Pemilihan Kepala Daerah/ Gubernur di selenggarakan , Gubernur baru DKI terpilih pun baru saja dilantik . Kok udah pemilu lagi ..? *Nyari nyari kerjaan nih Dijeh* 😃😃 gitu kira kira ya, reaksi instant seperi mi rebus kesukaan . 

Tenangg , Pemilihan Umum terdekat, Pesta Demokrasi bangsa *elaahhh akan dilaksanakan serentak di Tahun 2019 kok, ya pertama kali nya nih serentak mulai dari Pileg ( Anggota Legislatif) Hingga PilPres (Pemilihan Presiden) wihhhh.. kamu yang kemarin belum sempet ikutan Pemilu karena belum cukup usia, apalagi Jomblo iyaa ,, soalnya meski belom 17 tahun tapi kalau sudah menikah dan sah .. bisa ikutan Pemilu shayy  tapi gemes ya karena mau memilih Kepala Daerah nya, bisa mulai berpartisipasi dalam gelaran Pesta Demokrasi dimulai dengan sikap Partisipatif mulai peduli dengan berita tentang pemilu, serta Partai Politik Peserta Pemilu. Yang gampang aja, dimulai dari Gelaran Pemilihan Anggota DPD nanti, bisa jadi orang yang kita panuti jadi calon legislatif. Ya Kan ..?  

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menyusun jadwal penyelenggaraan Pemilu serentak tahun 2019. Meski masih 2 tahun lagi, tahapan pemilu sudah mulai dibuka oleh KPU sejak Oktober 2017 tahun ini. 

Tahapan awal yakni terkait dengan Pendaftaran Partai Politik Peserta Pemilu. Tentu saja parpol yang berhak daftar yang telah terverifikasi oleh Kemenkum HAM. Tahapan ini sudah dimulai sejak 3 Oktober sampai 16 Oktober 2017 kemarin.

Dilanjutkan dengan Verifikasi Faktual Parpol yang akan dilakukan oleh KPU pada 17 Oktober 2017 sampai 17 Februari 2018, yang artinya sekarang sedang berlangsung. Di sini menjadi krusial, bagi para parpol yang ingin ikut pemilu. Sesuai UU Pemilu baru, yang di Verifikasi hanya partai yang belum memiliki kursi di DPR pada 2014-2019. Namun aturan ini tengah digugat ke MK.

Punya nomor favorit..? atau ada yang suka nomor tertentu mungkin ..? nah KPU akan mengundi nomor urut parpol yang menjadi peserta Pemilu 2019 pada 18 Februari. Jadi ga usah repot ngapalin dulu ya nomor urut parpol Periode sebelumnya , nanti kalau sudah di tentukan baru dehh ( Beli jersey ber nomor punggung - lohhh).

Sementara itu, KPU membuka pendaftaran bagi para bakal calon presiden dan bakal calon wakil presiden dimulai pada 4 Agustus hingga 10 Agustus 2018. Para Capres dan Cawapres yang mendaftar nantinya akan menjalani sejumlah tes, termasuk kesehatan yang akan diumumkan lolos tidaknya pada 20 September 2018, esok harinya langsung pengundian nomor urut Capres dan Cawapres.

Untuk anggota legislatif, baik di tingkat pusat maupun daerah, KPU membuka pendaftaran Calon Anggota DPD akan dimulai 22-26 April 2018. Nantinya akan diverifikasi lebih dulu oleh KPU sebelum menetapkan Daftar Calon Tetap pada 20 September 2018. Dari sini , biasanya di daerah / wilayah masing masing sudah tersiar kabar mengenai calon legislatif dari warga setempat yang bisa aja orang yang kita kenal. Bisa cek cek juga alumni kampus atau rekan Organisasi kamu yang mungkin mendaftar dan lolos menjadi Caleg .

Nah berikut Infografis Tahapan Utama Pemilu Serentak 2019, berdasarkan sumber KPU RI.
Termasuk jika kamu lagi nyari lowongan pekerjaan nih, bisa cari tau di daerah tempat tinggal nya, kesempatan pendaftaran aneka posisi dan kebutuhan pegawai di jajaran KPU maupun Bawaslu hingga ke area terkecil - Kelurahan. bisa sering sering cek situs resmi Bawaslu dan KPU yaaa.



0 comments: