Blogroll

27 September 2017

PAPUA Juarai Final FWD HACKATHON 2017

FWD Hackaton 2017
Team PAPUA , Pemenang FWD Hackaton 201
Ajang kompetisi FWD Life Hackathon 2017  kerjasama antara  PT FWD Life Indonesia dengan lembaga Founder Institute yang telah berlangsung sejak bulan Agustus hingga September lalu, berakhir dengan gelaran final yang berlangsung pada hari Minggu, tanggal 24 September 2017. Setelah proses puncak HACKATON yang berlangsung 3 hari yaitu 22 - 24 September 2017 . 



Aku dan teman teman blogger dan media berkesempatan hadir bergantian dalam tiga hari hackaton itu. Ada puluhan peserta yang sebelumnya lolos dalam 15 team, lalu karena persyaratan kompetisi dalam satu group terdiri dari minimal 5 orang maka ada yang di mergerkan dan menjadi dalam 12 team, mereka adaah peserta yang lolos dari roadshow di berbagai daerah dan tentu ada yang sampai harus menginap di Kejora Headquarter selama tiga hari . 




Proses Workshop FWD Hackaton 2017
Sebelum gelaran puncak Final FWD Hackaton 2017, di hari sebelumnya 12 team melakukan sesi mentoring dan FGD dengan para experts . Total ada 8 ahli diantaranya pak Aji Satria dari FinTech Indonesia, lalu Bapak Tommy VP Digital Marketing FWD Life Indonesia , Andy Zain Director Founder Institute bahkan Bapak Rudi Kamdani Wakil Direktur Utama FWD LIfe Indonesia. Masing masing team dapat memilih hendak mentoring dengan mentor yang mana. Ini adalah kesempatan langka,di training dan mendaat workshop dari para ahli  . Dan tentunya ini dijadikan kesempatan peserta untuk menggali ilmu, belajar, betanya, konsultasi bahkan bisa meminta masukan untuk aplikasi agar lebih applicable bagi kebutuhan dunia asuransi . Beberapa mentor juga menekankan mengenai pembuatan paten dan legalitas atas hak cipta. FWD peduli kaann 
FGD dan Mentoring dengan team ahli
TENTANG HACKATON

Hackathon (juga dikenal sebagai hack day, hackfest atau  codefest) adalah acara yang berlangsung secara non-stop  selama periode waktu yang ditentukan di mana para computer  programmers dan digital passionate lainnya terlibat dalam pengembangan perangkat lunak, termasuk seperti desainer grafis, project manager,  business development dan lainnya, berkolaborasi secara  intensif dalam proyek pembentukan perangkat lunak.
FWD Hackaton 2017
Presentasi Peserta di hadapan juri
Final kegiatan hackathon yang diadakan FWD Life Indonesia ini bertujuan untuk mendongkrak awareness pengguna asuransi dan meningkatkan perkembangan inovasi terknologi di Indonesia. Wakil Presiden Direktur FWD Life, Rudi Kamdani dalam sambutannya mengatakan bahwa hackaton ini merupakan upaya FWD Life untuk merangkul kreativitas generasi muda dalam menghasilkan inovasi digital, khususnya dalam ranah pengembangan asuransi.

“Ide yang lahir dari kreativitas keseluruhan peserta hackaton ini sangatlah beragam, mulai dari inovasi bisnis asuransi pada aspek underwriting, manajemen risiko, hingga klaim,” ujar Rudi. “Karya teknologi yang ada membuktikan bahwa FWD Hackathon 2017 merupakan ajang yang tepat dalam mengembangkan inovasi dan terobosan baru di bidang teknologi, khususnya di industri asuransi.”

Beliau juga menambahkan bahwa peran Founder Institute dalam kegiatan hackathonperdana ini cukuplah penting. Selain sebagai bagian dari dewan juri, ke depannya Founder Institute juga akan memberikan pendampingan lebih lanjut kepada pemenang FWD Hackaton 2017 melalui program akselerator yang mereka punya.

Apa yang ditawarkan PAPUA hingga menjadi juara ? 

Menurut pak Rudi Kamdani, semua team FWD Hackaton yang berkompetisi adalah pemenang, masing-masing  memiliki kelebihan serta manfaat dari aplikasi yang dikembangkan, tetapi tentu dalam sebuah kompetisi harus menentukan yang terbaik diantara semuanya. 
Demo aplikasi di hadapan Juri FWD Hackaton 2017
Memang berat deh keputusan team juri yang diambil, kalau melihat proses final pitching, presentasi hingga tanya jawab. Semua memperlihatkan kesiapan baik materi, hingga aplikasi semi ready use yang langsung diunjukkan ke hadapan dewan juri. Kita yang hadir aja ikut ikut menebak, sok sok voting jagoin siapaa. Berdasarkan final pitching nya. Jadi degdegan gitu... Berasa emaknyah. Hehheh

Final FWD Hackathon 2017 sendiri akhirnya diumumkan dengan kemenangan tim Papua (singkatan dari Paten Punya Aplikasi) dengan nama aplikasi nya FWD mobile  yang berhasil menarik perhatian dewan juri karena faktor manfaat untuk kedua belah pihak pengguna yaitu produk asuransi nya dan nasabahnya. lewat inovasi FWD Mobile nasabah dapat mencari Rumah Sakit dengan radius tertentu bahkan dalam keadaan darurat, jika tak ditemukan RS terdekat ada panic button yang dapat dimanfaatkan nasabah untuk menghubungi layanan asuransi nya. Sehingga dapat terbantukan dengan mudah. Selain fitur Search RS juga pencarian diskon member asuransi FWD Life terdekat berbasis teknologi Augmented Reality. Atas inovasi dan keberhasilan PAPUA dalam menarik perhatian tim dewan juri, yang presentasi juga masih muda lohh. tim Papua yang terdiri dari lima orang peserta yang 2 diantaranya perempuan berhasil membawa pulang hadiah uang senilai Rp100 juta.

Selain uang tunai, tim Papua juga mendapatkan kesempatan untuk bergabung dalam program akselerator Founder Institute serta  nah inii... yang bikin envy jugaak. immersion ke Silicon Valley USA!! ckkckc banyak ya FWD kasih reward nyaa. Dengan hadiah tersebut, inovasi yang dihasikan tim Papua diharapkan bisa berkembang menjadi produk teknologi yang tak hanya bermanfaat dari segi fungsi tetapi juga bernilai dari sisi bisnis.
EVA - Pemenang juara harapan FWD Hackathon 2017

LIFE pemenang harapan FWD Hackathon 2017

Di samping Juara Utama, FWD Life dan Founder Institute Jakarta juga menetapkan dua Juara harapan dengan hadiah uang tunai sejumlah 10 juta rupiah yakni tim LIFE dan EVA. Aplikasi atau software yang dikembangkan oleh LIFE yaitu aplikasi edukasi asuransi untuk anak lewat medium permainan. Sedangkan tim Eva berhasil mengembangkan teknologi chatbot untuk kemudahan proses berasuransi yang ditujukan untuk membantu agent asuransi mulai dari informasi produk hingga penjelasan proses klaim asuransi.





Aku dan teman blogger yang hadir 
Hebat hebat loh pejuang developer ini, sementara kita (((akuajakaliii)) baru bisa nemu apk berbayar jadi gratisan, atau gayaeun pamer kecepatan sinyal XL pas lagi download dan upload aja merasa udah paling kece ituuhh hahhaa. Mereka mah udah #BeraniWujudkan impian inovasi yang menambah nilai manfaat buat digodog jadi sebuah aplikasi. Ini nyata . Anak muda. Indonesia kita.

Nah kita yang menyaksikan proses pemilihan pemenang Final FWD Hackaton jadi pengen tau banget deh bagaimana aplikasi matangnya nanti. Dan bisa bangga ikutan cerita, eh ni aplikasi waktu di kompetisiin depan juri ada aku nya tuh.. aku [ernah nanya nanya tuh ke pembuatnyaa ... Eaaa. 

RekanBlogger yang menghadiri proses Mentoring dan FGD FWD Hackathon 2017

Nah salam kenal yaa dari DJ ^,^

2 comments:

Rach Alida Bahaweres mengatakan...

Tim Papua memang keren banget yaa

Uli Hape mengatakan...

tim papua aplikasi nya memang one stop solution ya mak